Efek Samping Obat Bius Sangat BERBAHAYA Membuat Pingsan serta Tidur

Efek Samping Obat Bius Sangat BERBAHAYA Membuat Pingsan serta Tidur
KategoriArtikel Terbaru
Di lihat45 kali
Harga Rp (Hubungi CS)
Beli Sekarang

Efek Samping Obat Bius Sangat BERBAHAYA Membuat Pingsan serta Tidur

Efek Samping Obat Bius

Efek samping obat bius untuk tidur dan bahayanya bisa Anda pelajari terlebih dahulu sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan obat yang satu ini. obat bius untuk tidur ini terkadang juga diperlukan bagi orang-orang yang mengalami susah tidur.

Sebenarnya dalam ilmu kedokteran, pembiusan dapat dibedakan menjadi 3 macam. Bius pertama yaitu bius lokal yang hanya diperuntukkan untuk mengoperasi bagian kecil tubuh Anda. Misalnya untuk menjahit luka di bagian tertentu. Bius kedua yaitu bius regional, yang bertujuan untuk membuat sebagian besar tubuh menjadi mati rasa, seperti misalnya untuk operasi Caesar.

Sedangkan bius ketiga yaitu bius umum. Bius ini biasanya digunakan untuk operasi besar yang membuat pasien tidak sadarkan diri dan tertidur pulas. Namun tak jarang orang-orang yang mengalami gangguan susah tidur ini juga berupaya untuk bisa mengatasi hal tersebut dengan mengonsumsi obat bius.

Selain menggunakan obat bius, tak jarang orang-orang yang mengalami gangguan sussah tidur juga menggunakan obat tidur yang dijual bebas di pasaran. Obat tidur ini dibedakan menjadi 2 macam yaitu obat tidur ringan dan obat tidur kuat.

Hal tersebut sebenarnya sah-sah saja. Namun harus tetap diperhatikan bahwa penggunaan obat bius harus sesuai dengan anjuran dokter. Nah.. sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya, Anda juga perlu mengetahui bagaimana efek samping obat bius pada tubuh Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui cara kerja obat bius ini.

Cara Kerja Obat Bius Untuk Tidur

Orang yang mengalami gangguan susah tidur kadang juga memerlukan obat bius atau obat tidur sebagai alat bantu. Namun perlu ditekankan sekali lagi, penggunaan obat ini harus sesuai dengan anjuran dokter. Hal ini bertujuan supaya Anda bisa mengonsumsi obat dengan dosis yang tepat.

Cara kerja obat bius untuk tidur berbeda dengan obat bius suntik yang biasa digunakan untuk operasi ringan atau cesar. Cara kerja obat bius ini adalah dengan memodulasi aktivitas protein yang terdapat di membrane saraf. Hal ini bertujuan untuk menghentikan sinyal saraf yang dapat membuat Anda terjaga dan sadar supaya tidak sampai pada otak.

Oleh sebab itu, apabila Anda mengonsumsi obat bius untuk tidur ini, maka Anda pun bisa tidak sadarkan diri dan tertidur pulas. Sedangkan cara kerja obat tidur ringan tidak langsung membuat Anda mengantuk. Karena sebenarnya rasa kantuk yang timbul adalah efek samping dari penggunaan obat tersebut.

Beberapa obat yang termasuk dalam kategori obat tidur ringan adalah obat-obatan yang mengandung diphenhydramine. Biasanya obat-obatan ini digunakan untuk membantu mengatasi alergi dan juga insomnia ringan.

Efek Samping dan Bahaya Obat Bius Untuk Tidur Bisa Ber Akibat Kematian

Setelah mengetahui cara kerja dari obat ini, hal terpenting yang harus Anda ketahui adalah bahaya dan efek samping obat bius apabila Anda konsumsi. Terlebih apabila obat bius ini Anda konsumsi dalam jangka panjang. Tentu akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh Anda.

Setiap obat tentu memiliki efek samping, termasuk obat bius untuk tidur ini. Namun efek samping obat bius ini masih tergolong aman apabila Anda menggunakannya sesuai dengan anjuran dokter. Adapun beberapa efek samping dari penggunaan obat bius untuk tidur antara lain sebagai berikut:

  1. Menyebabkan kecanduan

Salah satu efek yang ditimbulkan dari penggunaan obat tidur ini adalah timbulnya kecanduan. Beberapa jenis obat tidur sebenarnya memang hanya ditujukan untuk dikonsumsi dalam jangka pendek. Seperti misalnya penggunaan untuk 10 hari. Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari penggunaan obat tidur dalam jangka panjang melebihi anjuran dari dokter.

Penghentian pemakaian obat tidur ini memang membutuhkan penyesuaian. Kadang, Anda kembali merasakan susah tidur apabila berhenti mengonsumsi obat tidur. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya Anda berkonsultsi kepada dokter supaya mendapatkan langkah tepat untuk berhenti mengkonsumsi obat secara betahap.

  1. Berbahaya bagi pengidap penyakit tertentu

Bagi sebagian orang yang mengidap penyakit tertentu, penggunaan obat tidur malah berbahaya. Hal ini disebabkan karena obat tidur tersebut memiliki efek yang bertolak belakang dengan penyakit yang sedang diderita.

Seperti misalnya penyakit asma. Obat tidur ini sangat tidak disarankan untuk digunakan bagi orang-orang yang mengidap penyakit asma. Hal ini ini disebabkan karena salah stu efek samping dari obat ini adalah membuat seseorang menjadi bernapas lebih pelan dan lambat. Oleh sebab itu, pengguna yang mengidap penyakit asma bisa saja mengalami kesulitan bernapas.

Tak hanya asma, obat tidur juga cenderung berbahaya bagi orang yang memiliki gangguan ginjal, tekanan darah tinggi, dan orang yang memiliki riwayat kejang. Obat tidur juag berbahaya bagi orang lanjut usia, ibu hamil dan menyusui, serta orang-orang yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, karena obat-obatan tetrsebut dapat bereaksi dengan obat tidur.

  1. Adanya gangguan fisik dan gangguan mental tertentu

Efek samping obat bius untuk tidur dalam penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan fisik, atau bahkan gangguan mental. Adapun beberapa gangguan fisi yang bisa terjadi misalnya diare, sembeli, sering ngelantur saat berbicara, kurangnya kewaspadaan, gangguan nafsu makan, gangguan pernafasan, dan kebingungan.

Tak hanya itu, pemakaian obat bius untuk tidur dalam jangka waktu yang lama juga dapat menyebabkan tubuh lemah, sakit dan nyeri pada bagian perut, pusing, mulut terasa kering, bengkak pada wajah, dan gejala lain seperti gemetar pada bagian kaki, tangan serta lengan. Gangguan fisik ini tidak dapat Anda elakkan seperti halnya efek samping pada obat lain.

  1. Meningkatkan resiko kecelakaan dan kematian

Efek samping obat bius selanjutnya yang sangat berbahaya adalah dapat meningkatkan resiko kecelakaan dan bahkan kematian. Perlu diketahui bahwa pada beberapa obat bius memiliki efek yang sangat kuat sehingga rasa kantuk masih terasa hingga keesokan harinya. Rasa kantuk tersebut tentu saja mengganggu aktivitas Anda, terlebih saat Anda mengemudi.

Tak hanya itu, dalam pemakaian jangka panjang, tubuh akan terbiasa dengan reaksi obat. Pemakaian jangka panjang ini juga menyebabkan adanya tekanan pada sistem pernapasan yang dapat menyebabkan kematian. Oleh sebab itu, gunakan obat bius sesuai dengan dosisi yang dianjurkan.

  1. Adanya gangguan tidur

Efek samping dari penggunaan obat bius untuk tidur ini juga dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan serta tindakan yang tidak terkontrol saat ia tidur. Seperti misalnya sering mengigau, mengalami sleepwalking atau tidur sambil berjalan.

Dengan mengetahui berbagai efek samping dan bahaya penggunaan obat bius untuk tidur di atas, ada baiknya penggunaan obat ini menjadi solusi terakhir apabila Anda mengalami gangguan susah tidur. Anda dapat mengatasi gangguan tersebut dengan mengubah pola hidup dan pola tidur menjadi lebih sehat.

Demikian ulasan singkat mengenai efek samping obat bius dan bahayanya yang dapat Anda jadikan sebgaai sumber informasi, dan semoga bermnafaat.

 

  • Efek Samping Obat Bius Sangat BERBAHAYA Membuat Pingsan serta Tidur